Langkah - langkah melakukan perbaikan Peripherals.


Langkah – langkah melakukan perbaikan periferal .

Sebelum kita melakukan perbaikan peripherals kenali terlebih dahulu Bagian peripheral itu.
Bisa Anda baca disini. 

A. Input Device
Untuk melakukan perbaikan periferal, perlu dilakukan diagnosa awal
kerusakan pada periferal tersebut. Kemudian menentukan langkah langkah perbaikan dengan baik, dan melakukan cek ulang fungsi periferal tersebut untuk melihat hasil perbaikan tersebut.
a) Keyboard

Merupakan input device terpenting yang dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard berfungsi memasukkan data berupa huruf, angka, karakter/simbol, serta sebagai media bagi user untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan seperti menyimpan file. Keyboard berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christoper Latham pada tahun 1868. Keyboard yang sekarang kita kenal memiliki beberapa jenis port, seperti USB, port serial, wireless, dan ps2. 
Sedangkan jenis jenis keyboard yaitu : 
1. QWERTY 
2. DVORAK 
3. KLOCKENBERG
Ada beberapa kerusakan yang kemungkinan terjadi pada keyboard yaitu :
(1) Keyboard tidak terdeteksi oleh PC

Kerusakan yang sering terjadi pada keyboard adalah tidak dikenalnya keyboard oleh komputer. Pada saat proses booting, tiba-tiba komputer macet dan muncul pesan kesalahan “Keyboard error or no keyboard present”.  Pesan tersebut diartikan bahwa pada saat proses booting, komputer tidak mendeteksi adanya keyboard. Jika terjadi hal seperti tersebut diatas, yang perlu dilakukan adalah :
- Matikan kembali komputer dan cek apakah kabel keyboard telah tertancap dengan benar ke CPU.
- Jika perlu lepas dan tancapkan kembali kabel keyboard tersebut untuk meyakinkan bahwa koneksi sudah tepat.
- Jika komputer dihidupkan kembali, dan pesan kesalahan masihmuncul, kemungkinan pertama adalah keyboardnya yang rusak.
- Coba dengan keyboard yang lain untuk memastikan bahwa keyboardnya yang rusak.
- Jika dengan mengganti keyboard pesan kesalahan masih tetap muncul, berarti bukan keyboard yang rusak. Tetapi bisa saja port keyboard di motherbord yang rusak.

(2) Masalah kedua terjadi pada tombol keyboard

Kerusakan lain yang sering terjadi pada keyboard adalah tombol keyboard sering macet untuk ditekan, atau tombol keyboard tertekan terus. Hal itu mungkin disebabkan oleh debu yang sudah menumpuk di sela-sela tombol keyboard sehingga menyebabkan keyboard macet.
Untuk mengatasinya, perlu dilakukan pembersihan pada keyboard. Keyboard dapat dibersihkan dengan menyedot atau menyemprotnya dengan vacuum cleaner atau dapat memakai kuas. Dan juga dapat dibersihkan dengan menggunakan kain lap yang dibasahi dengan cairan pembersih atau alkohol. Ingat bahwa proses pembersihan harus dilakukan pada saat komputer mati dan keyboard dilepas dari portnya.

(3) Tombol keyboard lepas.

Ini ada video nya diliat sendiri aj ya...

Mau yang lebih lengkapnya liat disini.
Tombol keyboard tidak detek.

b) Mouse


Ada beberapa kerusakan yang sering terjadi pada mouse yaitu :

(Masalah 1) Mouse tidak terdeteksi oleh PC


Masalah yang sering terjadi pada mouse adalah mouse tidak dikenal oleh komputer. Pada saat proses booting, komputer memunculkan pesan bahwa windows tidak mendeteksi adanya mouse yang terhubung dengan komputer. Pesan kesalahan tersebut adalah seperti
gambar dibawah ini :

Analisa pertama yang kita lakukan adalah :
• Matikan komputer. Cek apakah kabel mouse telah terpasang dengan benar. Jika perlu lepas dan pasangkan kembali mouse tersebut untuk meyakinkan koneksinya. Pada saat melepas dan memasang mouse komputer dalam keadaan mati agar tidak terjadi konsleting.
• Setelah itu hidupkan kembali komputer. Apabila pesan kesalahan masih muncul, lakukan analisa selanjutnya.

Analisa kedua adalah kemungkinan terjadi rusaknya driver mouse ataupun belum terinstal.

Untuk mengecheck ulang driver nya bisa melalui Device manager.
Langkah yang dilakukan untuk win xp :
• Klik kanan My Computer pada desktop windows
• Pilih properties>>Hardware>>Device Manager. Maka akan
muncul kotak dialog seperti di bawah ini.

Sedangkan untuk Win 7 :
Klik Home button windows. kemudian ketikkan pada menu search "Device Manager"

Maka akan muncul seperti gambar berikut :

• Klik mouse tersebut dengan menggunakan keyboard dengan bantuan tombol Tab.
• Hapus drive mouse yang lama dengan menggunakan tombol Remove.
• Setelah itu restart ulang komputer.

Jika sambungan dan driver mouse sudah benar tetapi ternyata mouse
tidak terdeteksi oleh windows, ada kemungkinan mouse rusak. Atau
kemudian coba dengan mouse yang lain, apakah terjadi hal yang
sama. Apabila masih tetap seperti itu, berarti port PS/2 nya yang
rusak.

( Masalah ke-2 ) Pointer mouse yang sering meloncat-loncat

Kemungkinan paling besar pada kerusakan ini adalah Debu ataupun ktotor.
Langkah mengatasinya : Cukup bersihkan bagian Optic mouse dengan kain halus dan semprotkan cleaner di bagian kain lalu usap kan pada optic mouse.


Cukup sekian dulu pembaca semua. mudah-mudahan ada manfaatnya.
Assalamu'alaikum



C. Lightpen


Light pen juga merupakan salah satu input device dari sistem komputer yang banyak digunakan untuk keperluan menggambar teknis ataupun grafis.
Light pen banyak digunakan karena untuk keperluan menggambar, keyboard dianggap tidak memadai dan hasilnya menjadi kurang teliti. Dengan menyentuhkan ujung light pen pada monitor, maka komputer bisa mengetahui posisi titik mana yang tersentuh oleh light pen.
 Saya belum menemukan masalah tentang lightpen.
Di Indonesia pun jarang ada yang memperbaiki lightpen.


D. Scanner


Scanner merupakan periferal komputer yang berguna untuk memindai (men-scan) gambar atau dokumen dalam bentuk teks di atas kertas kedalam dokumen komputer atau file komputer.

Scanner adalah peralatan elektronik yang berfungsi hampir menyamai dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.  


Masalah-1  
 Gambar Hasil Scan Kabur

Proses scan berjalan dengan lancar dan seolah-olah tidak terjadi masalah pada scannerTetapi setelah anda melihat hasilnya,gambar hasil scan terlihat tidak jelas dan kabur seperti terkena efek blur.Jangan terlalu pusing untuk masalah seperti ini,ada beberapa hal yang dapat anda ikuti untuk mengembalikan scanner anda pada posisi normal.
Solusi :

Berikut tips yang dapat anda coba:
Jika gambar terlihat kabur,anda dapat men-set resolusi display-nya ke High Color (16-bit),selanjutnya biarkan scanner melakukan pemanasan (warming up) selama beberpa menit.
Anda juga harus memperhatikan kebersihan dari Scanner anda,terutama jika anda jarang mengguakan Scanner.Karena jika Scanner anda kotor akan mengakibatkan hasil scanner juga kurang memuaskan,bahkan cenderung mengakibatkan mesin Scanner mudah rusak.
Anda dapat mempergunakan kain yang lembut untuk membersihkan pada bagian kacanya,pastikan membersihkan dengan hati-hati.

Masalah-2
Koneksi ke scanner gagal


Masalah  : koneksi ke scanner untuk melakukan proses scan biasanya muncul kesalahan  "Scanner access failed" hingga gagal prose scan.
Solusinya : ketika anda akan mengoperasikan scanner dan tiba-tiba muncul pesan tersebut maka kemungkinan besar penyebabnya adalah scanner yang belum terkoneksi  secara hardware kekomputer. biasa disebabkan karena card SCSI interface tidak terpasang dengan benar. maka akan menganggu hubungan antara scanner dan card
perlu juga di ingat bahwa waktu menghidupkan komputer, perangkat scanner harus di hidupkan terlebih dahulu. proses booting akan mendeteksi dan mencari koneksi komputer ke scanner. tetapi proses itu di abaikan jika scanner nya belum nyala. 


Masalah-3

Gambar belang sebelah 

Jika gambar hasil scan memiliki belang berwarna kuning, biru, merah, atau lainnya, bisa jadi disebabkan oleh scanner yang terlalu lama dinyalakan. Lebih baik scanner-nya dimatikan dulu selama beberapa saat sampai dingin, lalu gunakan lagi untuk men-scan.






0 Response to "Langkah - langkah melakukan perbaikan Peripherals."

Post a Comment