Jenis - Jenis Printer

Assalamua'alaikum

Malam semua , dari pada ga ada kerjaan saya ingin memberi informasi kepada anda semua maupun yang sudah master ataupun yang masih Newbie seperti saya ini.
Okay malam ini kita akan membahas jenis - jenis printer . Cekkidot.. !

Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut. 


Printer terbagi menjadi 3 yaitu ,

Yang pertama , mari saya ketik dan anda baca,

1. Printer Dot Matrix


Jenis printer Dot Matrix merupakan printer yang metode pencetakannya menggunakan pita yang di ketuk . Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik titik yang saling mengubungkan satu dengan yang lainnya, sehingga hasil cetakan kurang halus dan juga kurang bagus. Menurut sejarahnya jenis printer dot matrix ini pada awalnya menggunakan 9 Pin yang artinya dalam satu huruf akan dicetak dengan kombinasi dari 9 titik, kemudian semakin berkembang menjadi 24 pin dan tentunya dengan begitu hasil cetakan akan lebih halus. 
Produsen printer jenis dot matrix yang cukup terkenal adalah Epson, dengan produknya Epson LX – 300, espson LX 800 dan lain-lain.
2. Printer Ink Jet


 Jenis printer Ink jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot matrix. 
Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas. panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. karena menggunakan tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa kering. jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian pencetak di mesin printer, seperti terlihat pada gambar diatas.

3. Printer Laser Jet


Jenis printer laset jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. Selain hasil cetak yang lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis printer dot matrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil cetak pada mesin photo copy.

 Bahkan sekarang banyak produsen sudah mengeluarkan Printer dengan ditambahkan scanner untuk photo copy, mencetak foto lebih bagus dan mempunyai kelebihan masing-masing lainnya.
Bahkan untuk Printer Ink jet sekarang banyak produsen mengeluarkan Printer irit tinta, dan harganya pun sekarang sudah lebih terjangkau.


Okay, pembaca sekalian , Thanks for read my blog mudah-mudahan dapat manfaatnya.
So, berhubung sudah jam 23.11 jadi mata pun sudah berat mari kita tutup Blog ini.
Byeee.

Assalamu'alaikum.


1 Response to "Jenis - Jenis Printer"